Memahami Fungsi Otak Kanan



Memahami Fungsi Otak Kanan - Otak dibagi menjadi dua bagian yang mengendalikan setiap fungsi tertentu. Ketika melakukan pemikiran matematis dan analitis, Anda memanfaatkan otak kiri Anda. Ketika Anda berpikir kreatif atau melamun, sisi kanan dari otak Anda yang mengambil alih. Kedua sisi otak saling terhubung satu sama lain, sehingga keduanya akan saling menggantikan bila diperlukan. Sebagai contoh, ketika Anda mengemudi, sisi kanan otak sedang bekerja. Ketika menghitung uang, maka sisi kiri otak Anda yang berperan aktif.

Otak kanan mengendalikan banyak pikiran tubuh dan tindakan. Fungsi otak kanan meliputi : menilai posisi dalam ruang, mengetahui posisi tubuh, memahami dan mengingat hal yang kita lakukan dan kita lihat, menempatkan potongan-potongan informasi bersama-sama untuk membuat gambaran secara utuh, dan mengontrol sisi kiri tubuh. Fungsi Otak kanan juga meliputi memproses informasi melalui perasaan, simbol, gambar, imajinasi, filsafat, agama dan berpikir kreatif.


Dalam melaksanakan fungsinya, Otak kanan akan melihat informasi secara keseluruhan. Hal ini berbeda dengan otak kiri yang tampak pada langkah-langkah berurutan untuk membuat keseluruhan informasi bersatu. Kita ambil contoh ketika mengendarai mobil. Saat Anda sedang mengemudi, otak kanan Anda akan melihat semua faktor yang mempengaruhi tindakan Anda (jumlah mobil di jalan, kecepatan rata-rata, lebar jalan, lobang di jalan, dll) dan dengan cepat memproses informasi sehingga Anda dapat bertindak dengan sangat cepat berdasarkan situasi tersebut. Otak kanan Anda akan melihat seluruh variabel dan memberitahu tubuh Anda apa yang harus dilakukan. Berbeda dengan otak kiri yang akan memproses semua informasi secara berurutan sehingga menyebabkan Anda bereaksi jauh lebih lambat.

Fungsi Penting dari Otak Kanan

1. Menilai Posisi dalam Ruang

Salah satu fungsi yang paling penting dari sisi kanan otak menilai posisi hal dalam ruang. Adanya fungsi inilah yang menyebabkan Anda dapat mengendarai mobil di lalu lintas dan tidak mengalami kecelakaan. Sisi kanan otak Anda akan mengetahui seberapa jauh suatu objek dari Anda dan mengenalinya lokasinya. Tanpa fungsi ini, bisa dipastikan Anda akan berjalan dan menabrak sesuatu sepanjang waktu.

2. Mengetahui Fungsi Obyek

Fungsi penting lainnya adalah memahami fungsi objek. Jika sisi kanan otak Anda tidak aktif dan Anda melihat pensil dan selembar kertas di depan Anda, Anda tidak akan tahu apa yang harus dilakukan. Sisi kiri dari otak Anda akan dapat memberitahu Anda bahwa benda di depan Anda adalah pensil dan selembar kertas, tapi tidak akan memberitahu Anda bagaimana untuk menggunakannya. Jika sisi kiri otak Anda tidak aktif, dan Anda berada dalam kondisi yang sama, sisi kanan dari otak Anda akan memberitahu Anda bagaimana menggunakan pensil dan kertas, tetapi tidak akan menentukan kepada Anda bahwa dua benda di depan dari Anda adalah pensil dan selembar kertas.

3. Berpikir Kreatif

Otak kanan cenderung digunakan untuk proses berpikir kreatif, berfantasi dan pemikiran filsafat. Hal ini berbeda dengan otak kiri yang lebih memfokuskan pada fakta-fakta, angka dan berpikir analitis. Bila Anda melamun, Anda menggunakan sisi kanan otak Anda. Ketika Anda berpikir untuk desain asli atau gambar, saat itu juga otak kanan Anda bekerja. Orang otak kanannya lebih dominan akan cenderung lebih kreatif daripada orang yang dominan otak kirinya.